9 Tutorial Dasar dan Cara Meningkatkan SEO Di Blog

Image result for 9 Tutorial Dasar dan Cara Meningkatkan SEO Di Blog

jasa pembuatan website di jakarta - Awal mulanya kita mengerti dahulu tentang SEO. SEO (Search Engine Optimization) ialah proses tingkatkan/memaksimalkan jumlahnya pengunjung website/web lewat cara mencapai rangking yang tambah tinggi pada hasil indeks halaman mesin pencari (SERP). Makin tinggi SERP, makin besar juga peluang jumlahnya pengunjung. Akan begitu jarang pengunjung mesin pencari yang lakukan searching halaman untuk halaman mesin pencari. So, beberapa webmaster bersama-sama lakukan pertarungan serta berebutan untuk berada di halaman utama mesin pencari. Sedang arti lainnya SEO (Search Engine Optimizer), ialah aktor, alat, & bagian yang bisa menolong tingkatkan rangking SERP website/web.

Tiap-tiap website/web mempunyai bagian, template/theme, basic code, dan beberapa jenis bagian lainnya yg berlainan hingga usaha melningkatkan SEO juga berbeda persis. Contohnya, WordPress mempunyai basic bagian PHP, HTML, JavaScript, serta CSS. Diluar itu WordPress juga diperlengkapi dengan beberapa plugin SEO yang siap digunakan mengoptimalkan hasil di mesin pencari. Blogspot mempunyai bagian basic HTML, Javascript, & CSS, yg tentunya ada kelemahannya. Walau kita bisa memakai plugin SEO berbasic Javascript, akan tetapi saya sendiri tidak lihat dampak berarti. Keunggulannya, di Blogspot kita bisa memodifikasi/hack tiada batas baik pada design website ataupun dalam tingkatkan SEO-nya.

Beberapa cara tersebut adalah langkah yg masuk kelompok organic SEO, yakni optimalisasi mesin pencari dengan beberapa cara alami, yg saya lihat malah mempunyai dampak yg baik. Diluar itu, saya juga kurang demikian mensupport beberapa cara Blackhat SEO yang sekarang ini juga mulai disisihkan oleh Google.

1. Pilih template yang SEO friendly.

Satu design layout website dapat mempunyai kelebihan serta kekurangan. Di satu bagian, satu penampilan template/theme terlihat hebat, akan tetapi dari sisi SEO bisa jadi lemah, atau demikian sebaliknya. Oleh karenanya, pilih template Blogger yang SEO friendly. Sekarang ini sudah tersedia banyak template Blogger gratis berkualitas premium yang sudah disisipi hack SEO. Bila telah 'terlanjur sayang' serta ingin masih memakai template yang lama, kerjakan dari langkah ke-2 tersebut.

2. Pasang meta tags di blog

Terdapat beberapa type meta tag, yang sangat umum dipakai ialah meta description, yang berisi gambaran website/web serta meta key, yang berisi beberapa keyword yang terkait dengan isi website/web. Diluar itu ada juga meta author, yang berisi nama penulis atau nama institusi/perusahaan, akan tetapi jarang sekali digunakan. Serta ada banyak lagi meta-meta yang lain.

3. Optimalkan kata kunci (keyword) pada title/judul blog

Memadatkan judul dengan kata kunci (keyword) yang direncanakan bisa jadi besar kepadatan kata kunci (keyword) (kata kunci (keyword) density) satu website. Pada blogspot, ubah judul lewat Dashboard > Design/Perancangan > Click ubah pada header, isi dengan judul yang diharapkan serta save.

4. Tempatkan judul posting di muka nama blog

Pada template Blogger yang belumlah di isi hack, umumnya nama website ada di muka judul posting. Untuk mengeceknya, membuka satu halaman posting serta lihatlah tab serta bar pada browser. Lihatlah apa nama website ada di muka serta di susul judul posting. Di hasil indeks mesin pencari, hal seperti ini bisa kurangi ketepatan serta kepadatan kata kunci (keyword) dan memotong judul posting dibagian belakang. Ditambah lagi bila judul posting begitu panjang. Pengunjung menjadi tidak memahami point keseluruhannya.

5. Optimalkan kata kunci (keyword) yang padat serta efisien didalam posting blog

Ini bukan bermakna membuat kata kunci (keyword) sebanyak, tapi mengatur letak/tempat kata kunci (keyword), memakai kata kunci (keyword) serta frase yang pas, serta tidak memakai kebanyakan kata yang basa-basi. Contohnya, jauhi beberapa kata semacam ini: "Pada dalam posting kesempatan ini...", dan sebagainya.

6. Percepat waktu loading (load time) blog

Google juga menetapkan penalti pada website/web yang sangat berat serta lama untuk di-load. Ini rasional, sebab waktu yang diperlukan oleh spider waktu crawling serta menghimpun info jadi lebih lama. Beberapa hal yang menghalangi loading website/web umumnya ialah: sangat jumlahnya file javascript (umumnya pada widget) serta sangat besarrnya file-file gambar. Pengunjung pasti akan kewalahan sebab mesti menanti loading yang lama, ditambah lagi buat yang koneksi internetnya lemot.

7. Percepat proses indeks mesin pencari pada blog

Indeks yang cepat tunjukkan jika website sudah diketahui oleh mesin pencari. Hal seperti ini tentunya percepat SEO satu posting sebab kita tak perlu menanti kurun waktu yang lama serta pengunjung juga dapat selekasnya menemukannya di mesin pencari. Walau ini bukan agunan jika artikel posting ada dalam indeks halaman utama, namun ini ialah langkah awal proses dari SEO tersebut.

8. Nofollow-kan Label-label Blogger (opsional)

Didalam artikel Mengerti Karakter serta Langkah Maksimalkan Label Blogger, saya menuturkan jika url label sebetulnya adalah perintah search (contoh url-nya: http://buka-rahasia.blogspot.com/search/label/favicon), jadi label bukan link permanent (permalink). Kenapa? Sebab label cuma tercipta menjadi hasil url perintah penelusuran (perumpamaannya seperti url penelusuran seach engine). Oleh karenanya, mesin pencari tidak mempertimbangkan label menjadi link/url yang resmi untuk diindeks. Itu kenapa saat kamu masuk ke Google Webmaster Tools, ada info jika link-link label di-restricted oleh robot.txt. Langkah me-nofollow-kan label berbentuk opsional, kamu dapat mencobanya untuk tahu dampaknya lebih jauh.

9. Link building yg efektif

Link building adalah point sangat terpenting dalam SEO. Link building ialah proses membuat inbound link (link yang ke arah website/web), yakni memperoleh back-link dari website/web lainnya. Lakukan link building dapat dengan beberapa langkah, yakni: membuat reciprocal link baik dengan direktori/social bookmark (yang mewajibkan reciprocal link) atau bertukar link dengan website/web lainnya, mendaftar website serta artikel ke social bookmark/direktori, serta memberi komentar di website/web lainnya dengan tinggalkan link di form komentator, langkah tersebut umum diketahui menjadi blogwalking, walau lalu agak disalahartikan dengan tinggalkan komentar berisi, "blogwalking!", atau, "singgah gan!", dan sebagainya. Berkomentarlah sesuai dengan content sebab ini tunjukkan kualitas serta Google juga melirik itu loh. Janganlah lupa, ada link serta anchor teks diatas komentar itu, serta Google memperhatikannya saat crawling.

Untuk lakukan link building dengan efisien dengan arah memperoleh back-link berkualitas &meningkatkan pagerank, berkomentarlah di beberapa blog dofollow ber-pagerank tinggi, daftarkan website dan artikel di situs direktori serta social bookmark dofollow, daftarkan juga website di direktori website berkualitas. Memperbanyak back-link yg ke arah website/web, akan tetapi kerjakan dengan alami, yakni tidak dengan sembarangan, kebanyakan back-link yg dibikin dalam sehari dapat juga dipandang 'tidak wajar' oleh Google. Saya biasa batasi 5-10 kali link building sehari-harinya.

Link building bisa tingkatkan visibility atau kenampakan website/web di mata mesin pencari dan tingkatkan traffic yg berkualitas. Makin banyak tarffic makin tinggi nilai kepentingannya buat mesin pencari hingga dia teratur lakukan crawling. Link building juga meningkatkan kredibilitas serta popularitas satu website/web.

Itu dasar-dasar optimalisasi SEO Blogger/Blogspot yg jadi pengalaman saya. Masih tetap terdapat beberapa langkah yg bisa ditempuh untuk tingkatkan SEO website akan tetapi kira-kira selangkah diatas bisa jadi basic untuk menguatkan SEO website, sebelum lakukan langkah tingkatkan SEO setelah itu. Dasar yang kuat adalah tolok ukur serta cikal akan bangunan yang kuat kan?

0 komentar: