10 Cara Mengukur Efektivitas Kampanye PR Digital di Startup Kamu

Image result for Perencanaan Strategis Kampanye PR

caleg bekasi - Saat satu perusahaan menjalankan kampanye public relations (humas), perusahaan itu akan banyak keluarkan uang dan tenaga. Oleh karena itu, terpenting untuk mengukur kesuksesan dari kampanye yang digerakkan. Potensi mengevaluasi efektivitas serta efek yang dibuat akan membantumu tahu terdapatnya kekurangan, hingga kamu dapat membuat kampanye yang lebih baik di hari esok.

Sayangnya, efek satu kampanye PR tidak dapat dihitung dengan spesifik, hingga beberapa pemasar digital biasanya memakai langkah ukur yang berlainan. Tetapi ada sepuluh point yang dapat kamu pakai menjadi tips, yakni:

  • Statistik penjualan 
  • Jangkauan (reach) di sosial media 
  • Engagement di sosial media 
  • Impression di alat 
  • Penyebutan merk (brand mention) 
  • Rangking kata kunci (keyword) 
  • Jumlahnya sharing 
  • Traffic di situs 
  • Jumlahnya back-link 
  • Lead generation 

Data dari variabel-variabel diatas mesti disatukan sebelum kampanye PR diawali, lalu dibanding dengan hasil akhir untuk mengukur berapa sukses kampanye yang digerakkan. Baca langkah memakai semasing metrik dibawah.

PR Campaign | Success

Statistik penjualan
Untuk perusahaan berbasiskan produk atau B2C, penjualan ialah aspek yang sangat terpenting. Kampanye PR mungkin tidak dapat tingkatkan penjualan dengan instant, tetapi masih dapat memberikan pergantian. Kampanye PR yang baik bahkan juga dapat tingkatkan penjualan dengan berarti dalam periode panjang. Bila tidak ada pergantian angka penjualan, kamu butuh mengevaluasi taktik.

Beberapa faktor yang butuh dilihat saat mengukur penjualan
Di bawah ini beberapa faktor sosioekonomi yang dapat merubah penjualanmu

Tempat atau lokasi penjualan

Mengkalkulasi pergantian volume penjualan dengan memperhitungkan tempat atau lokasi dapat membantumu temukan peluang penjualan baru.
Ganti taktik PR di beberapa daerah yang tidak tunjukkan pergantian penjualan positif.
Fokuskan usaha penjualan serta pemasaran di beberapa lokasi yang menguntungkan.
Grup umur audience

Umur ialah aspek terpenting untuk mengukur penjualan, terpenting jika audience target kamu terbagi dalam grup umur spesifik.
Yakinkan kampanye PR milikmu dapat tersampaikan dengan sukses ke audience.
Periode waktu kampanye

Kalkulasi berapa banyak penjualan yang dibuat oleh kampanye PR dalam rentang waktu spesifik. Contohnya sesudah beberapa waktu, minggu, atau beberapa waktu sesudah kampanyemu berjalan.
Ketahui beberapa masalah yang menghalangi perform penjualan.
Beberapa jenis jalan penjualan
Satu aspek kunci untuk diperhitungkan saat mengukur penjualan ialah beberapa jenis jalan penjualan, terpenting untuk perusahaan B2C.
Yakinkan untuk memisah data penjualanmu berdasar pada type jalan penjualannya. Menjadi contoh, kamu dapat mengecheck apa customer lebih senang berbelanja melalui toko online milikmu atau melalui toko ritel tradisionil sesudah kamu meluncurkan kampanye.
Jangkauan (reach) sosial media
Di masa tehnologi saat ini, dampak sosial media selalu tumbuh dengan cepat. Menurut Pew Research, sekitar 79 % pemakai internet (68 % masyarakat dewasa di Amerika) ialah pemakai aktif Facebook di tahun 2016, sesaat 32 % memakai Instagram, serta 24 % memakai Twitter.

Jika kamu ingin tahu berapa banyak dari mereka yang lihat post atau pesan milikmu, jangkauan atau reach di sosial media ialah langkah yang pas. Reach tunjukkan jumlahnya pengikut yang kamu temukan di beberapa kanal sosial media. Beberapa orang akan ikuti merk milikmu di sosial media cuma jika merk itu memberi content yang menghibur atau bernilai buat mereka.

Kenapa butuh mengkalkulasi reach di sosial media?
Reach dapat jadi alat buat agensi humas untuk mengerti kerangka dari content yang mereka bikin, serta berapa jauh content itu dapat menebar di sosial media.
Reach dapat juga membantumu untuk mengukur perkembangan jumlahnya audience.
Reach dapat menolong agensi humas untuk mengerti algoritme paling baru satu basis sosial media serta mendesain kampanye yang sesuai dengan supaya sampai dampak optimal.
Langkah mengukur reach sosial media
Langkah paling mudah untuk mengukur jangkauan sosial media yaitu dengan memperbandingkan jumlahnya pengikut di beberapa kanal sosial media sebelum dan setelah kampanye berjalan. Sejumlah besar basis sosial media terpenting seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, serta YouTube sekarang tawarkan tool di dalamnya untuk mengkalkulasi reach.

0 komentar: